Rabu, 14 Desember 2011

Transportasi


Transportasi
Perpindahan barang dari satu titik ke satu titik lainnya sepanjang aliran supply chain. Transportasi dapat berupa berbagai kombinasi rute dan model yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pemilihan jenis transportasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap efficiency dan responsivenesss dari SC.
Dalam aktivitasnya perusahaan dapat melakukan sendiri pendistribusian produk maupun menyerahkan nya pada perusahaan jasa transportasi. Dalam cakupan kegitan distribusi perusahaan harus mampu merancang suatu jaringan distribusi yang tepat dengan mempertimbangkan aspek biaya, aspek fleksibilitas dan aspek kecepatan respon terhadap pelanggan.
Faktor yang mempengaruhi keputusan transportasi
Kendaraan
ü  Biaya kendaraan
ü  Biaya operasi tetap
ü  Biaya perjalanan
Pengirim
ü  Biaya Fasilitas
ü  Biaya Simpan
ü  Biaya pengiriman
Moda transportasi
ü  Truckload (TL)
ü  Less Than Truckload (LTL)
ü  Kereta Api
ü  Pesawat
ü  Jasa pengiriman
ü  Air
ü  Pipa
ü  Kombinasi
Pilihan desain untuk jaringan transportasi
ü  Jaringan langsung
ü  Pengiriman langsung dari dari satu supplier ke banyak retailer
ü  Pengiriman melalui pusat distribusi sentral
ü  Jaringan terkustomisasi

Trade-off dalam desain transportasi
Trade-off cost transportasi dan invetori
Pilihan moda transportasi
Penumpukan inventori
Trade-off responsivitas dan cost transportasi
Penumpukan inventori: Cost inventori vs transport
Hasil penumpukan fisik
Pengurangan cost inventory
Berkurangnya cost transportasi inbound
Meningkatnya cost transportasi outbound
Penumpukan inventori menurunkan cost rantai pasokan jika produk memiliki
rasio nilai/bobot yang tinggi, ketidakpastian permintaan yang tinggi, dan
pesanan yang banyak
Jika terjadi sebaliknya, penumpukan inventori meningkatkan cost rantai pasokan
• Trade-offs antara cost transportasi dan responsivitas pada pelanggan
Penumpukan sementara adalah proses dari kombinasi order sepanjang kurun
waktu tertentu
Penumpukan sementara mengurangi cost transportasi karena berupa hasil dari
pengiriman jumlah besar dan pengurangan variasi ukuran
Namun, penumpukan sementara mengurangi responsivitas pada pelanggan
• Tranportasi khusus
Penggunaan jaringan transportasi dan moda yang berbeda berdasar pada
karakter pelanggan dan produk
Dipengaruhi: jarak, kepadatan, dan jumlah pelanggan serta nilai dan permintaan
produk
• Peran IT dalam transportasi
Kompleksitas keputusan transportasi memerlukan penggunaan sistem TI
Bisa dipakai dalam: identifikasi rute optimal, penggunaan kendaaraan optimal,
GPS
• Manajemen risiko dalam transportasi
Tiga risiko utama dalam transportasi:
ü  Penundaan
ü  Putusnya jalur
ü  Material berbahaya
Strategi mitigasi:
ü  Mengurangi kemungkinan pemutusan
ü  Rute alternative
ü  Kontainer yang dimodifikasi atau moda transportasi berisiko rendah
• Keputusan transportasi praktis
Menyelaraskan strategi transportasi dengan strategi kompetitif
Pertimbangkan transportasi milik sendiri dan outsource
Mendesain jaringan transportasi yang bias menangani e-commerce
Gunakan teknologi untuk meningkatkan kinerja transportasi
Pertimbangkan fleksibilitas dalam jaringan transportasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar