Transportasi
Perpindahan barang dari satu titik ke satu titik lainnya sepanjang aliran supply chain. Transportasi dapat berupa berbagai kombinasi rute dan model yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pemilihan jenis transportasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap efficiency dan responsivenesss dari SC.
Dalam aktivitasnya perusahaan dapat melakukan sendiri pendistribusian produk maupun menyerahkan nya pada perusahaan jasa transportasi. Dalam cakupan kegitan distribusi perusahaan harus mampu merancang suatu jaringan distribusi yang tepat dengan mempertimbangkan aspek biaya, aspek fleksibilitas dan aspek kecepatan respon terhadap pelanggan.
Faktor yang mempengaruhi keputusan transportasi
Kendaraan
ü Biaya kendaraan
ü Biaya operasi tetap
ü Biaya perjalanan
Pengirim
ü Biaya Fasilitas
ü Biaya Simpan
ü Biaya pengiriman
Moda transportasi
ü Truckload (TL)
ü Less Than Truckload (LTL)
ü Kereta Api
ü Pesawat
ü Jasa pengiriman
ü Air
ü Pipa
ü Kombinasi
Pilihan desain untuk jaringan transportasi
ü Jaringan langsung
ü Pengiriman langsung dari dari satu supplier ke banyak retailer
ü Pengiriman melalui pusat distribusi sentral
ü Jaringan terkustomisasi
Trade-off dalam desain transportasi
o Trade-off cost transportasi dan invetori
o Pilihan moda transportasi
o Penumpukan inventori
o Trade-off responsivitas dan cost transportasi
Penumpukan inventori: Cost inventori vs transport
o Hasil penumpukan fisik
o Pengurangan cost inventory
o Berkurangnya cost transportasi inbound
o Meningkatnya cost transportasi outbound
o Penumpukan inventori menurunkan cost rantai pasokan jika produk memiliki
rasio nilai/bobot yang tinggi, ketidakpastian permintaan yang tinggi, dan
pesanan yang banyak
o Jika terjadi sebaliknya, penumpukan inventori meningkatkan cost rantai pasokan
• Trade-offs antara cost transportasi dan responsivitas pada pelanggan
o Penumpukan sementara adalah proses dari kombinasi order sepanjang kurun
waktu tertentu
o Penumpukan sementara mengurangi cost transportasi karena berupa hasil dari
pengiriman jumlah besar dan pengurangan variasi ukuran
o Namun, penumpukan sementara mengurangi responsivitas pada pelanggan
• Tranportasi khusus
o Penggunaan jaringan transportasi dan moda yang berbeda berdasar pada
karakter pelanggan dan produk
o Dipengaruhi: jarak, kepadatan, dan jumlah pelanggan serta nilai dan permintaan
produk
• Peran IT dalam transportasi
o Kompleksitas keputusan transportasi memerlukan penggunaan sistem TI
o Bisa dipakai dalam: identifikasi rute optimal, penggunaan kendaaraan optimal,
GPS
• Manajemen risiko dalam transportasi
o Tiga risiko utama dalam transportasi:
ü Penundaan
ü Putusnya jalur
ü Material berbahaya
o Strategi mitigasi:
ü Mengurangi kemungkinan pemutusan
ü Rute alternative
ü Kontainer yang dimodifikasi atau moda transportasi berisiko rendah
• Keputusan transportasi praktis
o Menyelaraskan strategi transportasi dengan strategi kompetitif
o Pertimbangkan transportasi milik sendiri dan outsource
o Mendesain jaringan transportasi yang bias menangani e-commerce
o Gunakan teknologi untuk meningkatkan kinerja transportasi
o Pertimbangkan fleksibilitas dalam jaringan transportasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar